Moon and Star

Menjadi popular mungkin adalah impian semua murid. Karena dengan popular kita tidak akan di pandang sebelah mata dan akan menjadi sorotan. Namun menjadi popular tak semudah yang dibayangkan. Banyak kepahitan dan tekanan yang akan dihadapi kedepan.

Namaku Luna Atarah salah satu gadis terpopular di sekolah. Mempunyai wajah yang cantik disertai dengan kepintaran di atas rata-rata mungkin akan menjadi anugrah bagi sebagian orang, namun bagiku itu seperti kutukan. Aku tak pernah merasakan tulusnya pertemanan karena hal ini, semua yang ingin berteman denganku pasti memiliki maksud tersendiri, entah meminta jawaban atau hanya ingin ikut terkenal.

Tak ada yang berkesan selama masa kelas 10 ku, Hingga seseorang datang dan mengubah sisa 2 tahun masa putih abuku. Seorang yang bisa memberitahu ku rasanya ketulusan dalam pertemanan, seorang yang menjelaskan padaku arti pertemanan.

Hari itu seorang gadis melangkah masuk kedalam kelas ku dengan wajah cerita dan rambut terurai yang dihiasi dengan bando mutiara. “Selamat pagi semua nya, nama ku Starla esta, kalian bisa memanggilku starla. Aku pindahan dari Surabaya. Semoga kita bisa  berteman baik” Ucap gadis itu memperkenalkan dirinya di depan kelas dengan tersenyum manis. Perlahan gadis itu berjalan mendekati ku, lalu duduk di bangku yang berada tepat di sebelahku.

Bel berbunyi semua siswa berhamburan keluar dari kelas, Starla bangkit dari duduk nya guna menghampiri ku “Hai, aku starla.. kamu ?” Ucapnya sambil mengulurkan tangannya di hadapan ku dengan senyuman manis yang selalu menghiasi wajah cerianya itu. “Hai, Luna.” Ucap ku tanpa menghiraukan uluran tangannya. “Oh.. Hai Luna! Mau ke kantin bareng ?” Tawarnya sambil menarik uluran tanganya. “Hmm.. enggak deh makasih.. aku mau kerjain tugas dulu” tolak ku halus sambil tersenyum tipis. “Oh.. Ya udah.. aku temenin ya!” Jawab nya sambil mendudukan dirinya di bangku yang ada di depanku. “Terserah…”  Ucap ku pasrah.

Hampir 3 bulan sudah Starla mendekatiku, ku rasakan aura yang berbeda dari gadis itu. Kini ku berada di rooftop sekolah ku dengan earphone yang tertancap di salah satu telingaku, ku pejamkan mataku menikmati usapan lembut angin yang seolah menyapu wajah ku. “Hei ada masalah ?” Panggil seseorang sambil menepuk bahuku pelan, membuat ku perlahan membuka mataku dan mengalihkan padanganku ke sumber suara itu. “Starla? Kenapa kamu disini?” Tanya ku sedikit terkejut. “Emang ga boleh ? Kamu ada masalah?  Kalo ada masalah cerita.. jangan di pendem sendiri.. sakit tau” Ucap nya sambil menuntunku untuk duduk di salah satu bangku yang ada di situ. “Apa aku bisa percaya kamu ?” Tanya ku sambil tersenyum miris. “Aku ga maksa kamu buat percaya sama ku.. aku cuma bilang ceritain ke orang terdekat kamu..  ke orang yang kamu percaya.” Ucap nya sambil mengusap punggung tangan ku disertai dengan senyuman yang tak pernah luntur dari wajahnya. “Hmm.. belum pernah ada orang yang  ngomong gitu ke aku.. belum ada juga orang yang deket selama ini sama aku… kenapa kamu bertahan ? Sepenting itu kah ketenaran buat kamu ? Atau sepenting  itu kah nilai ujian buat kamu ? Sampai kamu mau deket sama aku walupun aku dingin ke kamu ?” Tanya ku bertubi-tubi sambil mengangkat salah satu sudut bibir ku. “Jadi selama ini kamu anggap aku Cuma mau manfaatin kamu doang ? Lun… mungkin aku anak baru dan ga tau apa aja yang udah  kamu alamin di sekolah ini.. tapi yang jelas aku deketin  kamu emang mau temenan aja.. ga ada maksud lain… terserah kamu mau percaya atau enggak tapi yang jelas aku bener-bener ga ada maksud lain selain mau berteman sama kamu!” Ucapnya tegas sebelum pergi meninggalkan ku.

 

Ku langkahkan kaki ku masuk kedalam kelas, baru saja ku dudukan diri ku, tiba-tiba saja seorang siswa menarik ku dan mendorong tubuhku dengan keras hingga terjatuh ,kemudian melempariku dengan tepung sambil mengumpat. “HEH JANGAN SOK PINTER DEH…. JANGAN SOK JUGA DI DEPAN GURU , LU NYONYEK KAN PAS ULANGAN KIMIA KEMARIN ? JUJUR AJA DEH LUU!! GIMANA BISA NILAI LU SATU-SATUNYA YANG LULUS KKM DARI SATU ANGKATAN UDAH GITU 100 LAGI!” Teriak nya hendak menamparku. Ku tutup mataku bersiap merasakan sakitnya tamparan itu, “HEH!! LU YA MASALAH NILAI AJA SAMPE NGE BULLY TEMEN.. KALO IRI BILANG DONG JANGAN MAIN KASAR… LEMAH BANGET SIH LU JADI COWO… PERKARA NILAI AJA SAMPE NYAKITIN CEWE. CIH JIJIK DEH!” Ucap Starla marah sambil memegang pergelangan tangan siswa itu keras sampai sang empunya meringis kesakitan. Ku buka mataku saat mendengar kemarahan Starla. “Sekali lagi gua liat lu nyakitin Luna, gua pastiin lu pulang tinggal nama, oh ya satu lagi kalo mau dapet nilai bagus itu belajar!” Tekan Starla sambil membantu ku bangkit kemudian membawaku pergi dari tempat itu. “Bilang sama aku kalo dia nyakitin kamu lagi! Ku pastiin tinggal nama tu anak! Udah SMA kok gitu.. cih ga punya otak” ocehnya sambil membantuku membersihkan pakaian dan rambutku. “Makasih ya udah nyelametin aku” Ucap ku dengan senyuman yang belum pernah ku tunjukkan ke siapapun. “Lun..” panggilnya dengan mata berbinar. “Kenapa?” Tanyaku. “Makasih ya.. udah nunjukin senyuman itu.. aku seneng bangettttt” Ucapnya ceria. Sungguh aku bingung dengan gadis yang baru saja menyelamatkan ku ini. Aku akui aku belum pernah menunjukan senyum lebarku itu tapi  semudah itukah membuatnya senang? Terbuat apa hati nya ini ? Tuhan terima kasih telah membiarkan manusia sebaik dirinya hadir di ceritaku.

 

Ku dudukan diriku di bangku dekat lapangan basket di sekolah ku. Sambil meminum ice Americano kesukaan ku. “Lun jangan kebanyakan minum kopi.. kasian ginjal mu. Nih mending air putih.” Ucap Starla yang baru datang sambil menyodorkan sebotol air mineral padaku. “Ga banyak kok La.. minggu ini Cuma 1 gelas kok… biarin aku minum ya… “ Pinta ku pada gadis yang sudah menjadi sahabatku selama 1 tahun itu. “Lun kita udah kelas 12, sebentar lagi mau ujian kalo kamu sakit gimana ? Belum lagi kamu kalo belajar kayak orang kesetanan sampe lupa sama diri sendiri.” Ocehnya sambil mendudukan dirinya di sampingku. “Lagian kenapa sih harus Americano? Itu kan pait Lun” Tanyanya padaku. “ Kau tau paitnya Americano tak sepait hidupku.. jadi lebih baik lidah yang merasa pait dari pada hati kan ? Tapi untungnya kamu ada dan menjadi gula di dalam Americano ku” Ucap ku sambil tetap meminum minumanku. “Kalo gitu jangan minum Americano lagi… kan paitnya udah aku hilangin pake kemanisan ku… jadi minum air  putih aja ya.. nih!” Ucapnya sambil membuka kan sebotol air mineral sebelum ia berikan padaku. “ Iya iya bawelll… untung sayang.” Ucapku sambil meminum air mineral yang ia berikan itu.

 

Kini ku duduk di taman dekat sekolah ku ,dengan Starla tentunya. Ku tutup mataku sambil menyenderkan kepalaku pada bahu sahabatku itu. “La…” panggil ku memulai percakapan. “Iya ?” Tanya nya dengan tatapan lurus kedepan. “Ga nyangka ya kita udah lulus sekarang.” Ucap ku sambil tersenyum. “Iya.. ga nyangka.. 2 tahun cepet juga ya..” balasnya. “La.. Kita bakal pisah sekarang.. kamu dengan dunia mu dan aku dengan dunia ku” Ucap ku. “Walaupun kita beda kampus tapi kita tetep satu kota.. Walau kita  bakal fokus sama dunia kita masing-masing tapi inget Lun.. akan ada saat nya dunia kita di satukan kembali di satu tempat.” Ucap nya sambil meyenderkan kepalanya di atas kepala ku. “Jaga diri baik-baik ya La….” Ucap ku sambil menahan air mata. “Kamu juga ya Lun… jangan terlalu banyak minum Americano.. inget kata dokter ginjalmu udah bermasalah… aku ga mau ya tiba-tiba denger kabar kamu masuk rumah sakit!” Ucap nya tulus.  “Makasih ya La ..” Ucap ku dengan air mata yang sudah membasahi pipiku. “ Buat apa ?” Tanya nya dengan suara serak seperti menahan tangis. “Semuanya.. makasih buat 2 Tahun nya.. makasih buat jagain aku kayak kakak.. makasih udah mau nerima aku apa adanya. Makasih udah kasih tau aku rasanya ketulusan.” Ucap ku sambil memeluk nya erat. “Sttt ih kok jadi sedih sih.. arrghh ga suka… “ kesal nya sambil membalas pelukan ku.

 

Cahaya matahari menerobos masuk melalui jendela kamar serba putih itu, perlahan ku  buka  mataku sebelum mendudukan dirinku sambil mencoba menggapai gelas berisi air yang ada di samping bangkar ku. Sudah hampir 2 bulan aku berada di kamar rumah sakit itu dengan alat infus yang setia menempel di punggung tanganku. Seorang gadis menerobos masuk dengan membawa dua bungkus makanan di tangannya.

“Lun..udah bangun? Makan bareng dulu yuk.. aku bawa bubur” Ucap gadis itu ceria sambil menyodorkan kantong plastik yang dia bawa.

“La… “ panggilku sambil menyendok makanan.

“Kenapa?” Tanya Starla.

“Kamu ga capek? Tiap hari jenguk aku.. bawa makanan terus nemenin aku sampe malem ? Terus besok paginya harus ke kampus ? Belum lagi kita mau lulus dan lagi buat skripsi.” Tanya ku, perlahan mengalihkan pandanganku pada gadis yang kini duduk di sebelah bangkar ku.

“Ya enggak lah.. Lun dengerin aku.. kita ini sahabat.. kita udah temenan lama bangettt dari SMA.. sampai sekarang kita udah mau lulus kuliah” Jelas Starla sambil tersenyum tulus.

“Senyum mu ga pernah berubah ya.. haha jadi inget jaman SMA dulu” Ucap ku sambil membayangkan peristiwa masa putih abu yang penuh cerita itu.

“ Tapi lar.. gimana kalo aku ga sembuh ? Kata dokter aku bakal susah terselamatkan, karena ginjal aku tinggal satu.. Kamu mau temenan sama cewe penyakitan kaya aku?” Lanjut ku.

“Lun… kayak nama kita yang artinya bulan dan aku bintang. Aku bakal jadi bintang yang nemenin kamu di gelapnya langit malam dan belah diriku jadi ribuan biar kamu gak kesepian” Ucap Starla sambil meletakkan makanan nya di meja lalu berlaih memeluk Luna dari samping sambil menopangkan dagunya di atas kepala sahabatnya itu.

“Aku ga janji bakal ada di sisi kamu selamanya.. karena pada akhirnya semua yang bertemu pasti akan berpisah.. tapi aku janji bakal ngusahain yang terbaik selama semesta masih ngijinin aku buat ada di sisi kamu “ lanjut Starla sambil mengusap lembut suraiku.

“Gimana bisa? Sebuah masa putih abu yang awalnya ku kira penuh penekanan dan siksaan itu, malah menjadi tempat awal aku bertemu dengan manusia yang mengajariku arti ketulusan.” Ucapku sambil memeluk lengan Starla yang melingkar di leherku.

“Kau tak akan tau kisah apa yang di tulis semesta dalam bukumu sebelum kau membalik halaman itu dan membacanya.” Ucap Starla perlahan melepas pelukannya lalu menyuapiku.

“Anda keluarganya ?” Ucap seorang dokter yang baru saja masuk.

“Saya sahabatnya dokter.. keluarganya sedang ada di luar negeri, kalau ada masalah bisa di bicarakan dengan saya saja” Ucap Starla.

“Baik.. mari ikut saya ke ruangan saya. “ Ucap dokter sebelum pergi meninggalkan ruangan.

Dengan tatapan kosong Starla berjalan keluar dari ruangan yang memberitahunya kabar buruk itu. “Hidup kamu masih bisa di selametin Lun… banyak mimpi yang belum kamu gapai… kamu yang kuat ya Lun.. aku bakal selalu ada di sisi kamu” Gumam Starla sambil berlari keluar dari rumah sakit.

 

Lampu ruang operasi yang semula berwarna merah  kini telah redup, menandakan operasi  telah selesai di lakukan. Salah satu perawat menutup tubuh dingin seorang gadis dengan kain putih. Gadis yang baru saja menaruh jasa untuk kehidupan sahabatnya. Mata indahnya kini tertutup, senyum yang biasa ia tunjukkan kini tak lagi terlihat, bibirnya yang semula berwarna merah muda itu kini berubah pucat. Gadis itu pergi untuk selamanya menuju jalan keabadian meninggalkan sahabatnya untuk berjuang hingga waktu yang belum di tentukan.

Perlahan ku buka mataku, mencoba menyesuaikan pandanganku dengan cahaya di sekelilingku . “Starla…” kata pertama yang keluar dari mulutku. Seorang dokter masuk dan memeriksa keadaan ku. “Dok teman saya kemana ?” Tanyaku dengan nada lemas. “Teman anda belum bisa menjenguk anda, jadi dia menitipkan surat dan HP ini ke saya” Ucap dokter itu sambil menyodorkan surat dan sebuah ponsel padaku, sebelum pergi meninggalkan ruanganku.

Air mata mulai turun membasahi wajah ku, tanganku gemetar saat membaca surat yang di berikan sahabat ku itu. “Lun… kaget ya aku ga ada di sana?  Maaf ya ga bisa jenguk kamu.. sehat-sehat ya! Jangan masuk rumah sakit lagi… Lun aku ikhlas kok kasih satu-satunya ginjalku buat kamu… umur aku emang udah ga lama lagi Lun.. aku punya penyakit kanker otak stadium akhir dan kata dokter ginjal ku cocok buat kamu… jadi aku kasih kamu kepercayaan buat jaga ginjal aku ya… oh ya.. kalo kangen aku ada beberapa foto di ponsel yang aku kasih ke kamu.. dan ada 1 video perpisahan dari aku buat kamu.. Lun ingat ya  ini bukan akhir… Tapi ini awal menuju kisah kita yang selanjutnya.. sekarang tinggal menunggu waktu semesta untuk mempersatukan kita kembali. Dalam kebahagiaan yang lebih abadi ” Tulis Starla dalam selembar kertas berukuran A5 itu. Dengan cepat ku ambil ponsel yang di berikan padaku itu ,membuka galeri kemudian menekan satu-satunya vidio yang ada di situ. Tangisanku semakin deras saat mengetahui isi vidio itu “Lun.. jangan tangisi kepergian ku.. aku akan selalu ada bersamamu.. jangan terlalu banyak minum Americano karena sekarang  ginjalku sudah menjadi milik mu… jadi jaga baik-baik ya kado ku, bahagia terus ya Lun… kalau kangen aku.. kau tinggal keluar waktu malam dan lihatlah ke arah langit aku ada di sana menjadi bintang yang paling terang… Oh ya! HAPPY BIRTHDAY LUNA KU SAYANGGG! Semoga kamu liat vidio ini pas di hari ultah mu.. Lun you’re my moon and I’m your stars “ Ucap Starla pada dalam vidio itu sambil menunjukan senyum khasnya itu.

 

Seorang gadis kini sedang berkutat dengan laptopnya Menyusun satu persastu kata membuat ribuan kalimat yang menceritakan kisah persahabatannya itu. Seorang pria masuk sambil membawa berkas pasien yang perlu gadis itu periksa.

“Lun.. nih berkas pasien yang kamu minta.” Ucap pria itu sambil mendudukan dirinya di kursi depan Luna.

“Oh iya.. Makasih Dave.. Taruh aja di situ.” Ucap Luna masih fokus pada layar laptopnya itu.

“Lagi ngapain sih? Nulis lagi ? aduh Lunnn kamu itu dokter kenapa nulis cerita juga sih ? kurang penghasilanmu jadi dokter?” Ucap Dave dengan nada sinis.

“Ini bukan soal uang.. kalo ga tau apa- apa mending diem!” Sarkas Luna.

“Apa  yang aku ga tau?Aku tau semua tentang kamu Lun “Tanya Dave.

“Banyak!! Kalo kamu tau semua tentang aku, kamu pasti tau kenapa aku jadi penulis!” Ucap Luna dingin.

“Lunnn..” Panggil Dave.

“Udah cukup Dave! Apa salah, aku mau wujudin cita-cita orang yang udah ngorbanin dirinya buat hidupku? Apa aku salah? Dave lagi pula aku enggak ngerugiin diri aku sendiri! Aku suka ngelakuin dua hal ini. Jadi apa masalah mu? Ini hidupku ! Dan kamu ga punya hak buat ngatur aku! Ga ada yang mau di bicarain lagi kan? Silahkan keluar!!” Ucapku tegas sambil menunjuk kearah pintu ruanganku.

“Aku temen kamu Lun!” Bantah Dave.

“Teman mana yang ga ngedukung temennya ngelakuin sesuatu yang baik? Apa itu bisa di sebut temen? Udah aku males debat! Kerjaanku banyak! Silahkan keluar!” Ucap Luna tegas.

 

Angin berhembus, menyapu wajah gadis yang tengah berdiri di hadapan bangunan megah itu. Perlahan dirinya memasuki bagunan itu. Bagunan yang menyimpan banyak kenangan masa putih abunya itu. Gadis itu memasuki salah satu ruangan, mendudukan dirinya di salah satu bangku yang menyimpan memori peristiwa 15 tahun lalu. Butiran bening mulai keluar dari mata indah gadis itu.

“La.. I miss you so much! Kapan kita di pertemukan lagi? Hiks.” Isak Luna.

“La.. aku udah sukses sekarang.. Aku udah berhasil wujudin cita-cita aku! Aku juga udah berhasil wujudin cita-cita kamu! Kamu seneng kan? Buku kamu udah terbit La… Buku yang mengisahkan tentang kita.. aku kasih judul Moon and Star kamu suka ga? Haha.. hiks..  I wish you were here La..” Gumam Luna sambil mengusap lembut buku yang bertuliskan Moon and Star, Starla Esta di sampulnya itu.

https://www.instagram.com/p/CWMxVCINrlU/